Puluhan Rumah Terdampak Hujan Disertai Angin Kencang di Desa Lurah Kecamatan Plumbon
Admin Info Bencana | 20 April 2022 | Dibaca 598 kali

Plumbon – Hujan disertai angin kencang menerjang sejumlah bangunan di Desa Lurah, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon pada Selasa (19/4/2022) petang. Akibatnya, atap rumah milik sejumlah warga desa setempat berterbangan. Selain itu terdapat beberapa pohon tumbang di lokasi kejadian.

Korlap Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan mengaku telah menerima laporan kejadian bencana hujan disertai angin kencang dari perangkat desa sekitar pukul 16.30 WIB. Selain itu, arus listrik di beberapa titik padam dikarenakan putusnya kabel listrik yang tertimpa pohon tumbang.

"Tadi Sore, ada laporan masuk kejadian hujan deras disertai angin kencang di Desa Lurah, Kecamatan Plumbon. Laporan dari perangkat desa bahwa terdapat kerusakan bangunan rumah dan listrik padam karena kabel tertimpa pohon tumbang di beberapa titik. Tim kami juga sudah bergerak untuk mengevakuasi beberapa pohon tumbang, Selain itu, kami sudah berkoordinasi dengan pihak PLN untuk perbaikan instalasi listriknya" kata Faozan.

Laporan sementara kaji cepat tim Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon, Kejadian menerjang 4 blok di Desa Lurah, sebanyak 25 KK 116 jiwa terdampak, terdapat 25unit rumah rusak ringan, 2 unit tempat usaha rusak ringan, 1 unit gudang penyimpanan sub rotan rusak berat dan sejumlah 5 pohon tumbang menimpa kabel listrik dan mengganggu akses jalan. Mayoritas kerusakan rumah pada bagian atap genting dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kondisi terkini, tim BPBD Kabupaten Cirebon bersama masyarakat masih dalam proses evakuasi pohon tumbang di beberapa titik lokasi bencana.


Suparman, S.Sos, ST., MM
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon

Admin: Rinaldi Indra Santoso

BAGIKAN :