HUJAN DISERTAI ANGIN KENCANG RUSAK BANGUNAN USAHA DI KECAMATAN LEMAHABANG
Admin Info Bencana | 20 Maret 2022 | Dibaca 170 kali

CIREBON – Hujan disertai angin kencang menyebabkan 7 bangunan usaha terdampak. Fenomena tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, pada Sabtu (19/3), sekitar pukul 14.30 WIB. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cirebon melaporkan hujan disertai angin kencang dirasakan warga Dusun 1 RT 004 RW 001 Desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Kejadian tersebut menyebabkan 5 kios, 1 ruko dan 1 warung makan rusak. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

Pasca kejadian, personel BPBD dan unsur gabungan lain segera membantu warga untuk membersihkan sisa material seperti pohon tumbang dan puing-puing bangunan yang rusak. Warga bergotong royong untuk membantu warga yang terdampak bencana.

Tercatat unsur gabungan dalam upaya penanganan darurat, antara lain dari BPBD, POLSEK Lemahabang, DPUPR Kabupaten Cirebon, Tagana, aparat desa dan warga. 

BPBD Kabupaten Cirebon mengimbau kepada masyarakat untuk siap siaga dan waspada terhadap bahaya angin kencang yang dapat terjadi bersamaan dengan hujan intensitas tinggi. Hindari berlindung di bawah pohon atau pun papan reklame. Unsur pemerintah bersama warga agar dapat melakukan pemangkasan ranting pohon di ruang publik atau pun sekitar tempat tinggal. Pastikan atap bangunan terpasang kuat sehingga tidak mudah rusak oleh kuatnya angin kencang. 


Suparman, S.Sos, ST., MM
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Cirebon


Admin: Rinaldi Indra Santoso

BAGIKAN :